Rabu, 05 Oktober 2016

Sistem Informasi Psikologi

Diposting oleh Unknown di 06.12



Sistem Informasi
Sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama suatu organisasi. Infomasi adalah data yang telah diproses/diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang berguna.
Informasi pun memunyai umur, yang dimaksud umur di sini adalah kapan atau sampai kapan sebuah informasi memiliki nilai/arti bagi penggunanya. Adanya acuan pada titik waktu tertentu dan pernyataan suatu perubahan pada suatu waktu.
Pengertian Sistem Informasi Psikologi
suatu sistem yang memuat atau menyediakan informasi-informarsi yang berkaitan dengan psikologi yang berhubungan dengan kerja manusia dengan kecanggihan teknologi. Dalam hal ini teknonologi yang dimaksud adalah komputer sebagai alat pengumpulan, pengambilan dan penyimpan data.
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Dewasa ini sistem informasi berbasis komputer sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Dalam keseharian manusia dapat dikatan menggunakan peralatan berbasis teknologi komputer. Manusia sangat memerlukan informasi-informasi untuk menambah wawasan, membantu pekerjaan sehari-hari dan kualitas hidupnya. Oleh karena itulah banyak peneliti yang menciptakan berbagai perangkat berbasis komputer yang ditujukan untuk memudahkan manusia dalam pengaplikasiaannya.
https://sindyarsita.files.wordpress.com/2013/11/9304d-viewer1.png?w=642
Pengantar Psikologi
Menurut asal katanya, psikologi dari bahasa Yunani: psyche = jiwa dan logos = ilmu. Jadi secara harfiah psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/ mental. Namun psikologi tidak mempelajari jiwa/ mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga. Sehingga kemudian dapat diartikan bahwa psikologi adalah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental. Berdasarkan pemaparan mengenai definisi psikologi, ada beberapa unsur dalam psikologi, yaitu:
  • Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode-metode tertentu. Selain sebagai ilmu pengetahuan, psikologi merupakan seni, karena dalam mengaplikasikannya  ke berbagai aspek kehidupan manusia, memerlukan keterampilan dan kreativitas sendiri.
  • Perilaku
Perilaku mempunyai arti yang lebih konkrit (nyata) daripada “jiwa”, sehingga perilaku akan lebih mudah untuk dipelajari daripada jiwa dan melalui perilaku kita tetap akan dapat mempelajari jiwa. Perbuatan-perbuatan overt (terbuka) dan covert (tertutup) termasuk dalam perilaku. Perilaku overt adalah perilaku yang dapat diamati langsung melalui panca indera dan kasat mata. Perilaku covert adalah perilaku yang hanya dapat diketahui secara tidak langsung, melalui alat-alat atau metode khusus, misalnya sedih, takut, ingatan, bahagia, berpikir, dan lain-lain.
  • Manusia
Objek materiil psikologi adalah manusia, karena manusia yang paling membutuhkan ilmu psikologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Hewan menjadi objek studi psikologi, tetapi hanya sebagai perbandingan saja atau untuk mencari fungsi-fungsi psikologis yang paling sederhana yang sulit dipelajari pada manusia karena struktur psikologis manusia yang rumit.
  • Lingkungan
Lingkungan adalah tempat manusia hidup, beradaptasi, dan mengembangkan dirinya. Manusia diciptakan dengan
memiliki akal budi, yang membuat manusia mampu mengatasi persoalan, hambatan, dan tantangan dalam hidupnya, sehingga manusia mampu bertahan hidup (survive). Ernst Cassirer (1944) mengatakan bahwa dengan akal budinya manusia menyusun simbol-simbol berupa mitos, bahasa, kesenian, agama, sejarah, dan ilmu pengetahuan. Dengan simbol-simbol tersebut manusia mampu “menguasai” dunianya baik alam fisik (gunung, laut, udara) maupun alam sosial (orang-orang lain di sekitarnya). Menurut Ernst Cassirer, manusia adalah makhluk simbolis.



http://www.psychoshare.com/file-43/psikologi-umum/pengantar-psikologi.html
https://sindyarsita.wordpress.com/2013/11/11/sistem-informasi-berbasis-komputer/https://putriapril.wordpress.com/2013/10/29/pengertian-sistem-informasi-psikologi/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome to my Blog Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos